Selasa, 15 Februari 2011

PEMBANGUAN EKONOMI BERBASIS PENGEMBANGAN MINAPOLITAN

PEMBANGUAN EKONOMI BERBASIS PENGEMBANGAN MINAPOLITAN




I.                 PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Sejalan dengan diberlakukannya Undang-undang No. 25/2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-undang No. 26/2007 tentang Penataan Ruang dan PP No. 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, maka terjadilah perubahan gradual dalam konsep pembangunan nasional. Perubahan paradigma pembangunan ini terlihat dari aspek perencanaan, aspek pengelolaan sumber daya, dan aspek kelembagaannya. Dari aspek perencanaan terjadi perubahan pendekatan dari top-down menjadi bottom-up. Hal ini berarti bahwa pembangunan nasional harus tetap dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dan pemerintah daerah memiliki kewenangan penuh dalam pengambilan keputusan pelaksanaan pembangunan dengan menggunakan dan memanfaatkan potensi sumber daya secara optimal. Dengan demikian, daerah akan memutuskan pola dan bentuk kawasan yang akan dikembangkan dengan produk unggulan potensi daerah dalam mendukung pembanguan ekonomi daerah.

Perubahan paradigm pembangunan dari sentralistik ke desentralistik, akan memberikan implikasi bahwa Pemerintah Daerah harus mampu mengelola sumber dana untuk membiayai pembangunan daerahnya. Peran Pemerintah Pusat yang semula bersifat sektoral secara bertahap beralih ke Pemerintah Daerah, khususnya Kabupaten/Kota, sehingga kelembagaan local dalam pembangunan ekonomi daerah akan semakin penting dan diakui keberadaannya.

Desentralisasi artinya pembangunan dikelola berdasarkan pada prinsip-prinsip, antara lain sebagai berikut :
v Masyarakat sebagai pelaku utama dalam pengelolaan dan pengambilan manfaatnya;
v Masyarakat sebagai pengambil keputusan dan menentukan system pengusahaan dan pengelolaan yang tepat;
v Pemerintah sebagai fasilitator dan pemantau kegiatan;
v Kepastian dan kejelasan hak dan kewajiban semua pihak;
v Kelembagaan pengusahaan ditentukan oleh masyarakat atau rakyat;
v Pendekatan pengusahaan didasarkan pada keanekaragaman hayati dan keanekaragaman budaya.

Kewenangan Pemerintah Daerah dalam kaitannya dengan pengembangan kawasan adalah sangat luas, antara lain adalah :
v Menetapkan target pertumbuhan;
v Menetapkan tahap dan langkah pembangunan kawasan sesuai dengan potensi yang dimiliki;
v Menetapkan persetujuan kerja sama regional di bidang perdagangan yang berlandaskan pada produksi local yang dihasilkan oleh sentra0sentra komoditas tertentu;
v Melakukan berbagai macam negosiasi yang bertujuan   mewujudkan konsepsi pertumbuhan ekonomi regional;
v Menetapkan institusi pendukung kebijakan untuk pertumbuhan ekonomi regional;
v Mengembangkan system informasi untuk promosi kegiatan-kegiatan ekonomi regional.

Dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada terkait dengan pengembangan perikanan dalam arti luas, maka diupayakan suatu pendekatan melalui produk yaitu perencanaan pengembangan kawasan perikanan budidaya (Minapolitan). Perencanaan pengembangan kawasan  perikanan budidaya (Minapolitan) merupakan suatu upaya untuk memanfaatkan lahan/potensi yang ada dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan dan penataan ruang perikanan di pedesaan. Pengelolaan ruang perikanan budidaya adalah arahan kebijakan dan strategi pemanfaatan ruang yang diperuntukkan bagi kegiatan perikanan dan usaha-usaha berbasis perikanan lainnya dalam skala nasional. Sedangkan pengelolaan ruang kawasan sentra produksi perikanan nasional dan daerah merupakan arah kebijakan dan strategi pemanfaatan ruang bagi peruntukkan perikanan secara umum.

B.     Tujuan

Tujuan pengembangan kawasan Minapolitan adalah untuk mendorong percepatan pengembangan wilayah dengan kegiatan perikanan sebagai kegiatan utama dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dengan mendorong keterkaitan desa dan kota dan berkembangnya system dan usaha minabisnis yang berdaya saing berbasis kerakyatan, berkelanjutan (tidak merusak lingkungan) dan terdesentralisasi (wewenang berada di Pemerintah Daerah dan Masyarakat) di  kawasan Minapolitan.

Dengan berkembangnya system dan usaha minabisnis, maka di kawasan Minapolitan tidak saja dibangun usaha budidaya (on farm) saja tetapi juga  off farm-nya yaitu usaha minabisnis hulu (pengadaan sarana perikanan) dan jasa penunjangnya. Dengan demikian akan mengurangi kesenjangan kesejahteraan pendapatan antar masyarakat, mengurangi kemiskinan dan mencegah terjadinya urbanisasi tenag produktif, serta akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

C.    Pengertian

1.     Ruang:
Wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan makhluk lain hidup, melakukan kegiatan, dan memelihara kelangsungan hidupnya;

2.     Tata Ruang:
Wujud struktur ruang dan pola ruang.

3.     Perencanaan Tata Ruang:
Suatu proses untuk menentukan struktur ruang dan pola ruang yang meliputi penyusunan dan penetapan rencana tata ruang.

4.     Rencana Tata Ruang:
Hasil perencanaan tata ruang.

5.     Kawasan Lindung:
Wilayah yang ditetapkan dengan fungsi utama melindungi kelestarian lingkungan hidup yang mencakup sumber daya alam dan sumber daya buatan.

6.     Kawasan Budi Daya
Wialayah yang ditetapkan dengan fungsi utama untuk dibudidayakan atas dasar kondisi dan potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya buatan.



II.              KESIAPAN INDONESIA MENUJU MINAPOLITAN

Konsep mengenai Minapolitan, yang saat ini menjadi program utama KKP selain Revolusi Biru. Jika kita mendengar sekilas, minapolitan berasal dari kata mina yang berarti ikan dan politan yang berarti polis atau kota sehingga secara bebas dapat diartikan sebagai kota perikanan. Pengembangan konsep dimaksudkan untuk mendorong percepatan pembangunan ekonomi kelautan dan perikanan dengan pendekatan dan sistem manajemen kawasan cepat tumbuh layaknya sebuah kota. Pengalaman menunjukkan bahwa kegiatan ekonomi kelautan dan perikanan yang pada umumnya berada di daerah pedesaan lambat berkembang karena kurangnya sarana, prasarana dan fasilitas pelayanan umum. Kualitas sumberdaya manusia juga relatif rendah dibandingkan dengan sumberdaya manusia di daerah perkotaan. Kawasan pedesaan lebih banyak berperan sebagai penyedia bahan baku, sedangkan nilai tambah produknya lebih banyak dinikmati di daerah perkotaan. Bahkan hubungan ekonomi kota dan desa sering eksploitatif, sehingga ekonomi masyarakat di daerah pedesaan sulit berkembangkan.
Dengan konsep Minapolitan pembangunan sektor kelautan dan perikanan diharapkan dapat dipercepat. Kemudahan-kemudahan atau peluang yang biasanya ada di daerah perkotaan perlu pula dikembangkan di daerah-daerah pedesaan, seperti prasarana, sistem pelayanan umum, jaringan distribusi bahan baku dan hasil produksi di sentra-sentra produksi. Sebagai sentra produksi, daerah pedesaan diharapkan dapat berkembang sebagaimana daerah perkotaan dengan dukungan prasarana, energi, jaringan distribusi bahan baku dan hasil produksi, transportasi, pelayanan publik, akses permodalan, dan sumberdaya manusia yang memadai.

Secara konseptual Minapolitan mempunyai 2 unsur utama yaitu, 1) Minapolitan sebagai konsep pembangunan sektor kelautan dan perikanan berbasis wilayah dan 2) Minapolitan sebagai kawasan ekonomi unggulan dengan komoditas utama produk kelautan dan perikanan.
Secara ringkas Minapolitan dapat didefinisikan sebagai berikut: Minapolitan adalah Konsep Pembangunan Ekonomi Kelautan dan Perikanan berbasis wilayah dengan pendekatan dan sistem manajemen kawasan berdasarkan prinsip-prinsip 1) integrasi, 2) efisiensi, 3) kualitas, dan akselerasi tinggi. Sementara itu, Kawasan Minapolitan adalah kawasan ekonomi berbasis kelautan dan perikanan yang terdiri dari sentra-sentra produksi dan perdagangan, jasa, permukiman, dan kegiatan lainnya yang saling terkait.
Konsep Minapolitan didasarkan pada 3 azas, yaitu demokratisasi ekonomi kelautan dan perikanan pro rakyat, pemberdayaan masyarakat  dan keberpihakan dengan intervensi negara secara terbatas (limited state intervention), dan penguatan daerah dengan prinsip: daerah kuat – bangsa dan negara kuat. Ketiga prinsip tersebut menjadi landasan perumusan kebijakan dan kegiatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan agar pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan benar-benar untuk kesejahteraan rakyat dan menempatkan daerah pada posisi sentral dalam pembangunan.
Dengan konsep Minapolitan diharapkan pembangunan sektor kelautan dan perikanan dapat dilaksanakan secara terintegrasi, efisien, berkualitas, dan berakselerasi tinggi. Pertama, prinsip integrasi diharapkan dapat mendorong agar pengalokasian sumber daya pembangunan direncanakan dan dilaksanakan secara menyeluruh atau holistik dengan mempertimbangkan kepentingan dan dukungan stakeholders, baik instansi sektoral, pemerintahan di tingkat pusat dan daerah, kalangan dunia usaha maupun masyarakat. Kepentingan dan dukungan tersebut dibutuhkan agar program dan kegiatan percepatan peningkatan produksi didukung dengan sarana produksi, permodalan, teknologi, sumberdaya manusia, prasarana yang memadai, dan sistem manajemen yang baik.
Kedua, pembangunan sektor kelautan dan perikanan harus dilaksanakan secara efisien agar pembangunan dapat dilaksanakan dengan biaya murah namun mempunyai daya guna yang tinggi. Dengan konsep minapolitan pembangunan infrastruktur dapat dilakukan secara efisien dan pemanfaatannya pun diharapkan akan lebih optimal. Selain itu prinsip efisiensi diterapkan untuk mendorong agar sistem produksi dapat berjalan dengan biaya murah, seperti memperpendek mata rantai produksi, efisiensi, dan didukung keberadaan faktor-faktor produksi sesuai kebutuhan, sehingga menghasilkan produk-produk yang secara ekonomi kompetitif.
Ketiga, pelaksanaan pembangunan sektor kelautan dan perikanan harus berorientasi pada kualitas, baik sistem produksi secara keseluruhan, hasil produksi, teknologi maupun sumberdaya manusia. Dengan konsep minapolitan pembinaan kualitas sistem produksi dan produknya dapat dilakukan secara lebih intensif. Keempat, prinsip percepatan diperlukan untuk mendorong agar target produksi dapat dicapai dalam waktu cepat,  melalui inovasi dan kebijakan terobosan. Prinsip percepatan juga diperlukan untuk mengejar ketinggalan dari negara-negara kompetitor, melalui peningkatan market share produk-produk kelautan dan perikanan Indonesia tingkat dunia. Selanjutnya, konsep minapolitan akan dilaksanakan melalui pengembangan kawasan minapolitan di daerah-daerah potensial unggulan. Kawasan-kawasan minapolitan akan dikembangkan melalui pembinaan sentra-sentra produksi yang berbasis pada sumber daya kelautan dan perikanan. Setiap kawasan minapolitan beroperasi beberapa sentra produksi berskala ekonomi relatif besar, baik tingkat produksinya maupun tenaga kerja yang terlibat dengan jenis komoditas unggulan tertentu. Dengan pendekatan sentra produksi, sumber daya pembangunan, baik sarana produksi, anggaran, permodalan, maupun prasarana dapat dikonsentrasikan di lokasi-lokasi potensial, sehingga peningkatan produksi kelautan dan perikanan dapat dipacu lebih cepat.
Agar kawasan minapolitan dapat berkembang sebagai kawasan ekonomi yang sehat, maka diperlukan keanekaragaman kegiatan ekonomi, yaitu kegiatan produksi dan perdagangan lainya yang saling mendukung. Keanekaragaman kegiatan produksi dan usaha di kawasan minapolitan akan memberikan dampak positif (multiplier effect) bagi perkembangan perekonomian setempat dan akan berkembang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi daerah.
Dengan pendekatan kawasan dan sentra produksi, diharapkan pembinaan unit-unit produksi dan usaha dapat lebih fokus dan tepat sasaran. Walaupun demikian, pembinaan unit-unit produksi di luar kawasan harus tetap dilaksanakan sebagaimana yang selama ini dijalankan, namun dengan konsep minapolitan pembinaan unit-unit produksi di masa depan dapat diarahkan dengan menggunakan prinsip-prinsip integrasi, efisiensi, kualitas dan akselerasi tinggi.
Penggerak utama ekonomi di Kawasan Minapolitan dapat berupa sentra produksi dan perdagangan perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan ikan, atau pun kombinasi kedua hal tersebut. Sentra produksi dan perdagangan perikanan tangkap yang dapat dijadikan penggerak utama ekonomi di kawasan minapolitan adalah pelabuhan perikanan. Sementara itu, penggerak utama minapolitan di bidang perikanan budidaya adalah sentra produksi dan perdagangan perikanan di lahan-lahan budidaya produktif. Sentra produksi pengolahan ikan dan perdagangan yang berada di sekitar pelabuhan perikanan juga dapat dijadikan penggerak utama ekonomi di kawasan minapolitan.
Menurut kami konsep ini idealnya dibawah pengawasan Bappenas sebagai wadah pengawasan dan KKP sebagai pelaksana. Akan tetapi ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam “proyek-proyek” kakap pemerintah. Yang pertama adalah mengenai pendanaan proyek. Tahun ini pemerintah menganggarkan Rp. 4 Triliun untuk konsepan minapolitan, melihat anggaran yang tidak terlalu “besar” untuk sebuah mega proyek seperti ini maka sangat dibutuhkan sumber pendanaan di luar APBN seperti yang disampaikan oleh Dr. Sunoto. Tidak memungkiri bahwa para investor sudah lama melirik minapolitan sebagai salah satu tempat menanamkan modal yang cukup menjanjikan. Dan lagi-lagi kami mengingatkan bahwa jangan sampai pemerintah melakukan kesalahan fatal dalam perjanjian-perjanjian pendanaan, karena bisa jadi tujuan utamanya tidak tercapai yaitu mensejahterakan rakyat dan yang paling penting jangan sampai terjadi “kebocoran” pendanaan dalam jumlah besar alias jangan sampai terjadi tindak pidana korupsi.
Kedua, prinsip integritas yang disebutkan di awal harus jelas, pihak mana saja yang dilibatkan dalam minapolitan. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus berada dalam satu meja, terutama bagi daerah-daerah yang memang diutamakan dalam pelaksanaan minapolitan ini. Sehingga tidak ada lagi saling lempar tanggung jawab antar stakeholder dalam pelaksanaan minapolitan. Ketiga, lingkungan juga  harus menjadi perhatian utama jika ingin menggunakan prinsip sustainable development. Masyarakat kita saat ini masih beranggapan bahwa sumberdaya alam yang ada saat ini dapat diperoleh secara cuma-Cuma. Pada hal sejatinya sumberdaya alam dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan jika lingkungan dalam kondisi yang baik sehingga sustainable development tidak hanya tertera dalam konsep-konsep tertulis saja, tapi juga bisa menjadi trend dalam pemanfaatan sumberdaya alam dan dapat diaplikasikan.
III.             RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
Pengembangan usaha merupakan implementasi dari pemanfaatan semua potensi dan sumber daya yang dimiliki oleh suatu kawasan. Pengembangan usaha perikanan budidaya di kawasan Minapolitan merupakan penjabaran dari strategi pengembangan kawasan. Kegiatan usaha yang berkembang di kawasan perikanan budidaya adalah :
1.     Perbenihan;
2.     Pembesaran;
3.     Pengolahan;
4.     Pembuatan Pakan.
Untuk menyusun pengembangan usaha di kawasan perikanan budidaya (Minapolitan) diperlukan suatu perencanaan yang matang, berdasarkan kedudukan dan strategi pengembangan kawasan.
Rencana pengembangan usaha ini merupakan penjabaran dari pengembangan kawasan, dimana kegiatan-kegiatan produksi atau pengolahan produk perikanan yang dilaksanakan di kawasan sentra di integrasikan dengan pengembangan pusat kawasan (Minapolitan).
Dalam penyusunan rencana pengembangan usaha, beberapa factor yang harus diperhatikan yaitu :
1.     Skala Usaha;
2.     Pasar;
3.     Permodalan;
4.     Sumber Daya Manusia (SDM).
Dengan memperhatikan factor-faktor tersebut, maka disusun strategi pengembangan usaha di kawasan perikanan budidaya (Minapolitan).



IV.            PENUTUP
Perencanaan kawasan sentra perikanan (minapolitan) dapat dinyatakan berhasil apabila dalam implementasi di lapangan terjadi :
1.     Tersusunnya rencana pengembangan kawasan sentra perikanan di berbagai daerah yang sesuai kaidah yang ditentukan;
2.     Perencanaan kawasan sentra perikanan nasional dan daerah (minapolitan) ini tersosialisasi dengan baik kepada semua pihak yang berkepentingan;
3.     Tidak terjadinya benturan dan kesimpangsiuran di tataran teknis atas model pengelolaan ruang dan kawasan suatu wilayah.









 






















 Demikian tulisan ini disusun, dengan harapan semoga rencana pemerintah Pusat dan Daerah dapat mencapai sasaran, disamping itu juga perlu diadakan pembinaan dan sosialisasi kepada para masyarakat dan dunia usaha yang menjadi subyek dan obyek dari perencanaan kawasan sentra perikanan (minapolitan).

DAFTAR PUSTAKA
Direktorat Prasarana dan Sarana Budidaya. Ditjen Perikanan Budidaya 2009. Pengembangan Kawasan Minapolitan. Jakarta, Ditjen PB.
Kementerian Kelautan dan Perikanan. Ditjen Perikanan Budidaya 2010. Pedoman Perencanaan Pengembangan Kawasan Perikanan Budidaya (Minapolitan). Jakarta: Ditjen Perikanan Budidaya.
Muhamad Iman Damara 2011. Kesiapan Indonesia Menuju Minapolitan, (Kementerian Kebijakan Pertanian BEM KM IPB). jaktan.generasi.inspirasi@gmail.com








Rabu, 26 Januari 2011

Artikel Bisnis


Info Terbaru Bisnis Makanan Bandung
Ya, seiring pergantian waktu, suatu usaha tentu saja mengalami pasang surut. Begitu juga dengan beberapa tempat makanan dan tempat minuman enak di Bandung. Tempat-tempat makan kuliner di Bandung ini ada yang membuka cabang baru, ada yang pindah lokasi, ada juga yang renovasi. Untuk para pengunjung kota Bandung, baik itu wisatawan local atau turis mancanegara, jangan lewatkan informasi tentang beberapa tempat makan Bandung berikut.
Suis butcher plaza dago, cabang baru dari suis butcher
Suis butcher, yang menempati lokasi baru setelah mempunyai dua lokasi tempat makanan dan tempat minuman terdahulu, yaitu di “suis butcher – kuliner Bandung”. Nah, buat yang ingin mencoba makan steak yang murah meriah di jalan Dago, datang saja kesini, lokasinya sendiri terlihat nyaman, karena bisa menikmati keramaian jalan Dago, apalagi jika anda datang malam hari di hari libur, atau weekend, dipastikan buat anda yang mencari suasana yang ramai, anda akan menemukannya disini, karena biasanya akan ada penampilan live band di pelataran Plaza Dago, sedangkan suasana  jalan Dago sendiri saja, yang penuh dengan para penjual bunga dan pengamen pasti menarik untuk diamati dari tempat anda bersantap (dari suis butcher kafe yang di  jalan Dago, ini bila anda dapat tempat yang strategis maka anda pasti bisa benar-benar menikmati suasana malam yang meriah di kota Bandung).
Nomor telepon suis butcher yang berlokasi di Plaza Dago ini adalah +622 4222710 anda bisa menelepon untuk informasi lebih lanjut.
Kafe madtari pindah lokasi
Buat anda yang bertanya-tanya mengapa tempat makan asik dan tempat makan daerah kafe madtari yang berletak di jalan Dipatiukur 5 Dago Bandung ini terlihat tak beroperasi lagi, jangan khawatir, berkendaralah menuju jalan Sulanjana 1 Bandung, anda akan menemukan lokasi baru kafe madtari disana. Kafe madtari sendiri sebagai tempat nongkrong dengan harga yang murah meriah sudah pernah dibahas di artikel blog kuliner terdahulu, yaitu di “kuliner Bandung Van Java bag. 3 ? namun, saat itu tempat makan roti bakar keju enak yang satu ini, masih berada di  jalan Dipatiukur Dago.
Spring heaven sedang renovasi
tempat makan asik dan tempat makan daerah spring heaven yang terletak di jalan Setiabudi Bandung ini, tampaknya sedang di renovasi, dengan adanya renovasi semoga rumah makan yang menyediakan dim sum dan chinese cuisine/chinese food ini akan membuat restoran spring heaven menjadi tempat lebih nyaman lagi untuk bersantap bersama orang-orang terkasih.

Ramuan Herbal Tradisional Untuk Memutihkan Wajah dan Kulit

Memiliki wajah putih bersih adalah idaman setiap orang terutama kaum wanita, mereka bisa menghabiskan berjuta juta rupiah untuk memutihkan kulit dan wajah akan tetapi banyak juga yang berujung kekecewaan. Saat ini sangat banyak produk produk yang di tawarkan yang menjanjikan dengan iming iming kulit putih bersih dalam waktu singkat, eits tapi tunggu dulu sebelum terjebak pada obat-obat an dengan kandungan kimia berbahaya Anda harus selektif memilih produk untuk kulit wajah Anda.
Untuk memutihkan wajah kami merekomendasikan menggunakan produk yang terbuat dari ramual herbal, yang 100 % berasal dari tumbuh tumbuhan dan di olah dengan benar oleh pabrik yang berkualitas (bukan Home industri). Kami menemukan sebuah produk ramual herbal yang sangat bagus untuk memutihkan wajah dengan 100% bahan alami dan tanpa efek samping yang bernama cream Al Ghadeer. Cream ini berasal dari Thaif – Saudi Arabia, sebuah negara kaya raya yang sangat ketat menyeleksi produk yang di jual di pasaran 100% bebas merkuri (pemerintah saudi memberi sanksi sangat keras kepada pembuat produk yang terbukti mengandung zat berbahaya) dan di kerjakan oleh pabrik bukan home industri dengan quality control yang sangat ketat. Cream herbal ini selain sangat baik untuk memutihkan kulit wajah, juga bisa menghilangkan flek hitam dengan cepat, menghilangkan jerawat dan membuat kulit lebih bersih.
Cara penggunaan: bersihkan wajah anda lalu oleskan cream Al Ghadeer tipis-tipis pada wajah Anda menjelang tidur, dan bangun tidur Anda bersihkan dengan sabun pemutih Al Ghadeer.
Cream ini adalah cream malam, sehingga gunakan pada malam hari saja, untuk pagi hari Anda bilas dengan sabun Al ghadeer dan juga menggunakan sabun al ghadeer sebagai pengganti sabun muka Anda.
Tips Menggunakan Hilba untuk Pengobatan Berbagai Penyakit
Hilba adalah tanaman/tumbuhan yang sangat terkenal di kawasan timur tengah dalam bahasa mesir tanaman ini bernama “Fenugreek”. Biji Hilba umumnya di gunakan sebagai makanan dan rempah rempah dan juga bumbu aromatik dalam masakan. Karena sangat terkenal dan kaya akan manfaat Nabi Muhammad SAW pernah bersabda tentang hilba ini “Jika umatku mengerti akan manfaat hilba maka mereka akan sanggup menukarnya dengan emas” (Books of Sufi Healing ms: 58). Berikut ini beberapa resep pengobatan tradisional dengan menggunakan Hilba yang sudah di gunakan oleh Al-Abqirad ( Hippocrates) tabib Yunani kuno untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Campurkan Hilba dalam air hangat secukupnya aduk hingga merata dan diminum rutin setiap hari maka akan bermanfaat untuk:
- Menghilangkan perut kembung
- Melancarkan haid yang tidak teratur
- Membantu melancarkan buang air besar
- Menguatkan jantung
- Membantu mengatasi sakit kepala/migren
- Dapat mengurangi berat badan
- Mengatasi radang kulit/bisul
- Menyuburkan rahim/kandungan
Campurkan Hilba dalam air hangat + madu asli bermanfaat untuk:
- Mengurangi dan menghilangkan kebiasaan merokok
- Membantu mengatasi Anemia
- Untuk kecerdasan dan ketahanan tubuh jika di minum oleh anak2 usia baligh
- Memperbanyak Air Susu (ASI) pada ibu yang sedang menyusui (konon bisa mencapai 300%)
- Membantu kesuburan sperma dan sel telur untuk yang susah punya keturunan
- Meningkatan Nafsu wanita dan laki laki untuk keharmonisan rumah tangga
- Mengatasi ejakulasi dini
Usahakan untuk mendapatkan Hilba yang telah di haluskan untuk mempermudah di konsumsi. Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan Hilba ini, kami menyediakan bubuk Hilba Asli dari Yaman dengan harga terjangkau.




Harga:
Hilba Yaman 250 Gram Rp: 38,000,-
Hilba Yaman 500 Gram (KW premium/yg biasa habis) Rp: 80,000,-
Untuk pemesanan dan keterangan lebih lanjut bisa hubungi : 085.2280.36912
Pembayaran transfer via BNI/BCA dan barang di kirim lewat TIKI
Bisnis les yang menguntungkan
Bisnis les dan guru privat termasuk peluang bisnis yg tidak akan pernah mati selama masih ada anak yg bersekolah. Orang tua mana yg tidak ingin anaknya pandai dan cerdas? Sehingga tidaklah mengherankan orang tua si anak tidak segan-segan untuk mengeluarkan biaya hanya untuk mencarikan les dan guru privat tambahan bagi anaknya. Disitulah peluang bisnis yg harus Anda rebut. Walaupun Anda hanya memiliki satu kemampuan di bidang ilmu pengetahuan tertentu, Anda dapat menyewa orang lain atau teman Anda untuk memberikan les kepada konsumen yg meminta Anda. Biasanya, les dab guru privat diberikan di luar jam sekolah, baik sore atau malam hari.
Konsumen Anda adalah siswa sekolah dasar, SMP, SMA, atau bahkan perguruan tinggi. Khusus perguruan tinggi, mahasiswa konsumen Anda biasanya meminta les privat berupa bahasa inggris dng alasan untuk membekali diri mereka untuk bekal mencari pekerjaan ketika mereka lulus, sebab beberapa instansi atau perusahaan biasanya mensyaratkan kemampuan bahasa inggris, paling tidak pasif, untuk dapat menjadi pegawainya.

Menjalankan bisnis ini tidaklah terlalu sulit. Dng bekal ilmu pengetahuan tertentu, Anda sudah bisa membuka usaha les dan guru privat. Namun, yg juga penting adalah kesabaran Anda menghadapi anak-anak kecil dan remaja yg Anda ajar. Rintangan yg bisa menjegal Anda dalam usaha ini adalah ketidakmampuan Anda untuk membuat siswa Anda untuk mencapai ranking yg tinggi di sekolahnya sehingga orang tua siswa bisa jadi mencari guru privat lain untuk anaknya. Jika pemintaan orang tua anak kepada Anda untuk memberikan les privat dan Anda kesulitan mencari guru privat lain dng sistem bagi hasil, maka keuntungan tambahan tidak akan jadi Anda peroleh. Kesuksesan bisnis ini adalah promosi ke konsumen yg ada di dekat sekolah, dan sebaiknya Anda tidak membatasi waktu memberikan les privat jikalau Anda mampu mencari guru privat lain dng sistem bagi hasil. Dan itu harus Anda lakukan jika Anda ingin melipat gandakan keuntungan anda.

 

 Trik menghadapi wawancara pra kerja pada perusahaan

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pada umumnya seleksi tahap akhir yang akan dihadapi oleh job applicant sebelum diterima bekerja pada perusahaan adalah wawancara atau lebih dikenal dengan istilah “INTERVIEW”. Interview sangat menentukan apakah kita layak atau tidak untuk menjadi seorang pekerja. Disini dinilai karakter, sifat, sikap, kepribadian, atau sebagainya meskipun telah di tes secara tertulis dalam bentuk psikotest atau lainnya. Untuk menghadapi wawancara itu, berikut ini trik yang dapat saya bagi kepada rekan-rekan pencari kerja:
1) Berpakaianlah dengan rapi (jangang over)
2) Pakailah asesoris sewajarnya
3) Ucapkan salam ketika masuk ke ruangan
4) Perkenalkan diri Anda
5) Jangan duduk sebelum dipersilakan
6) Ambillah posisi duduk dengan tegap, pandangan ke depan, namun jangan kaku
7) Letakkanlah kedua tangan Anda di paha Anda, atur nafas (Mengurangi rasa gerogi saat menjawab pertanyaan)
Jawab pertanyaan dengan sedikit uraian apabila diperlukan, namun tetap jangan terlalu berlebihan.
9) Setelah selesai, berikan salam sebelum meninggalkan ruangan.
CATATAN (PADA SAAT WAWANCARA):
A) Bersedialah untuk digaji berapa saja. Bila disuruh memilih, pilihlah gaji menengah saja
B) Bersedialah untuk ditempatkan dimana saja
C) Jangan pernah menjelekkan tempat Anda bekerja sebelumnya, baik manajemen maupun personalnya
Demikianlah artikel ini saya berikan semoga dapat dapat berguna dan bermanfaat bagi yang membacanya.

Kamis, 30 Desember 2010

Bisnis Online

MENGENAL KEBERADAAN
BISNIS ONLINE/BISNIS INTERNET




















Disusun Oleh :
Muhammad Iqbal Kertiwinoto
Kelas : I EB 11
NPM : 24210736


UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI
MARGONDA – DEPOK 2010

I. PENDAHULUAN
Saat ini internet adalah salah satu media informasi dan komunikasi yang banyak digemari oleh masyarakat, bahkan tumbuh menjamur di berbagai tempat, baik di pemukiman perumahan, lingkungan Kampus, bahkan di pusat-pusat perkotaan dan perbelanjaan tersedia sarana ini. Internet memiliki berbagai fungsi yang dapat memberikan keuntungan bagi penggunanya. Salah satu dari keuntungan yang diberikan oleh Internet adalah dapat terhubung dengan seluruh orang yang terdapat di seluruh dunia secara cepat dan tepat. Dari salah satu keuntungan tersebut adalah berpeluang untuk berbisnis mencari uang di Internet, dengan istilah yang berkembang saat ini adalah Bisnis Online.
Sebelum berbicara lebih mendalam mengenai Bisnis Online atau Bisnis Internet, kita perlu secara sederhana mengetahui dan mengerti apa yang dimaksud dengan bisnis internet itu sendiri. Bisnis internet adalah cara cari uang atau cara berbisnis yang menggunakan internet sebagai medianya. Jadi sebenarnya bisnis online yang dilakukan didunia maya itu tidak berbeda jauh dengan bisnis offline yang dilakukan didunia nyata, letak perbedaannya hanya pada bisnis online menggunakan internet sebagai segala bentuk transaksi yang terjadi.
Berbicara lebih jauh mengenai bisnis internet, begitu besar peluang bisnis online yang telah ada dan akan selalu berkembang dari waktu ke waktu karena banyaknya kebutuhan yang diminta melalui media internet. Berbisnis internet memiliki beberapa keunggulan dibandingkan berbisnis didunia nyata, diantaranya adalah biaya investasi yang lebih rendah, dan memiliki peluang pasar yang besar dan tidak ada batasan waktu dalam kegiatan bisnis yang dilakukan.
Mengenai peluang bisnis online yang terdapat di Internet, banyak sekali jenisnya. Penjelasan mendetail mengenai berbagai peluang tersebut akan menjadi topik tersendiri yang menarik untuk dipelajari. Bagaimana cara sukses Bisnis Online sudah pasti akan menjadi topik pembicaraan yang tidak ada habisnya oleh kebanyakan orang yang memiliki minat dan konsen untuk dapat memiliki penghasilan dari internet. Namun demikian, untuk cari uang di internet lalu sukses dalam bisnis online, perlu mendapat perhatian bahwa bisnis online bukanlah bisnis cepat kaya, membutuhkan proses dan pembelajaran secara mendalam dan terus menerus. Kesuksesan dalam menjalankan bisnis online bergantung pada bagaimana cara menjalankan bisnis internet itu sendiri.

II. PENGERTIAN BISNIS
A. Bisnis
Dalam llmu Ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada kosumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan dan perbincangan hingga saat ini.




B. Bentuk dasar kepemilikan bisnis
Meskipun bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara, ada beberapa bentuk yang dianggap umum:
• Perusahaan perseorangan: Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah yang harus menanggung seluruh kerugian itu.
• Persekutuan: Persekutuan adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan profit. Sama seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan firma.
• Perseroan: Perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.
• Koperasi: adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.

C. Pengertian Bisnis Online
Salah satu pengertian bisnis online adalah bisnis yang dijalankan melalui jaringan internet dengan membuat website berdasarkan profil perusahaan kita. Lebih umumnya adalah semua bisnis yang dihubungkan dengan jaringan internet dan hanya bisa dilakukan dengan adanya koneksi internet.
Mungkin kalau dengan contoh bisa langsung mengerti. Misalkan kita mempunyai suatu produk, biasanya kita hanya menjual produk tersebut secara nyata, atau hanya ditawarkan di dunia nyata. Nah kalau kita berbisnis online ya berarti kita memasarkan produk kita di dunia maya.
Banyak orang berusaha memasarkan produknya melalui situs jejaring social seperti twitter, facebook, friendster. Saya katakan hal ini tidak akan efektif jika tidak mengetahui rahasia di balik cara menawarkan produk atau jasa di situs jejaring. Kemungkinan besar kita pernah menerima tawaran yang masuk ke inbox facebook atau tiba-tiba di tag oleh seseorang dan ditawari produk. Secara etika di dunia internet marketing ini disebut spam. Karena hal ini tidak sepenuhnya disetujui oleh yang punya akun facebook. Kalau kita melakukan ini di luar negeri kita bisa dilaporkan sebagai spammer dan akan dihukum.
Bisnis online dengan segala pengertiannya mempunyai berbagai batasan-batasan yang tidak jauh beda dari bisnis offline. Kalau anda belajar internet marketing sebagai affiliate marketer kita akan mendapati begitu banyak hal dasar yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum terjun ke medan untuk mempromosikan suatu produk. Kalau mereka para spammer yang tidak tahu kalau diri mereka adalah spammer sudah sepatutnya belajar etika bisnis online.
Apabila kita belajar internet marketing secara benar maka kita akan mendapati berbagai cara yang sangat efektif, menghasilkan, tetapi tidak dianggap sebagai spammer. Salah satunya adalah dengan mengoptimasi kata kunci tertentu sehingga website kita akan muncul di search engine ketika kata tersebut diketikkan di kolom search. Ini disebut search engine optimization atau disingkat SEO. Selain cara ini adalah cara gratisan, cara ini juga adalah salah satu cara terbaik dalam mempromosikan bisnis secara online. Tapi ilmu ini bukan ilmu gampangan, tapi juga bukan ilmu yang rumit. Kalau mau mengerti ilmu ini harus belajar ke orang yang tepat. Karena di dunia internet banyak sekali orang yang menawarkan jasa SEO dengan harga yang tidak masuk akal, begitu juga biaya untuk mempelajari SEO, yang ditawarkan dengan sangat mahal. Nah apabila kita ingin belajar SEO dengan murah, tapi efektif disarankan kita belajar ke Asian Brain.

Definisi Bisnis Online seringkali diasumsikan oleh internet marketer, bahwa semua bisnis yang dilakukan secara online dengan menggunakan media internet sebagai media pemasaran produk dan jasa adalah mencakup bagian-bagian dari bisnis online. Jadi dalam hal ini internet hanyalah media karena internet sendiri yang terdiri dari ribuan-ribuan halaman bahkan jutaan halaman WEB mampu menyediakan informasi bagi pengguna internet. Makanya tidak heran jika banyak pelaku bisnis maupun personal menggunakan internet sebagai media yang ampuh untuk mengkomersilkan dan mempromosikan atas produk mereka dengan harapan bahwa pengguna internet dapat melihat dan mengenal hingga akhirnya tertarik menggunakan produknya, itu hanya sebagian contoh kecil dari kelebihan bisnis online.
Bisnis online atau juga bisa disebut bisnis internet merupakan cara menghasilkan uang melalui internet dengan memanfaatkan web atau blog sebagai alat untuk mempromosikanya. Untuk memulai bisnis online, kita harus dan wajib membuat sebuah web atau blog terlebih dahulu, dan kemudian mempromosikan blog kita supaya ramai dikunjungi pengguna internet.

D. Apa itu Bisnis Online?
Apa itu bisnis online? Pasti sudah banyak yang tahu, apa itu bisnis online. Soalnya sejak booming beberapa tahun lalu, bisnis ini terus saja berkembang dan makin banyak orang yang ingin terjun ke dunia bisnis ini. Namun masih ada juga yang belum begitu paham mengenai bisnis online ini. Umumnya mereka yang baru saja mencicipi teknologi internet, atau mereka yang baru belakangan ini saja mulai tertarik dengan kegiatan bisnis di internet.
Baiklah, singkat saja, bisnis online itu merupakan sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan secara online dengan menggunakan perangkat komputer yang tersambung ke jaringan internet. Perangkat komputer ini bisa saja desktop, nettop, notebook, netbook, ataupun smartphone. Intinya adalah kegiatan bisnis yang memanfaatkan jaringan internet.
Sayangnya, meskipun bisnis online ini makin banyak peminatnya di Indonesia, namun masih banyak juga yang memandang sebelah mata dengan bisnis ini. Bahkan ada yang belum berpikir sama sekali untuk menjalankan bisnis internet ini. Mengapa terjadi demikian? Ada beberapa penyebabnya :
1. Tidak Mengetahui Peluang yang Ada;
2. Merasa Tidak Memiliki Modal, butuh modal yang besar;
3. Tidak Tahu Memulainya dari Mana, karena pengetahuan mengenai teknologi informasi dan komunikasi yang sangat minim.
Jadi, apa saja peluang dalam bisnis online ini? Berapa besar modal yang diperlukan? Dan bagaimana memulainya? Untuk itu diperlukan waktu khusus mengulas dan menguraikan masalah ini lebih lanjut.

III. TAHAPAN DALAM MEMULAI BISNIS ONLINE
A. Bisnis Online dengan Blog (1)
Blog sempat menjadi booming pada awal 2005-an, dimana-mana orang membuatnya. Apa itu blog? Yakni semacam aplikasi untuk menuliskan apa saja yang ada dibenak Kita dan kemudian mempublikasikannya ke internet. Halaman yang sedang Kita baca ini juga termasuk jenis blog, dan ini kita gunakan untuk sharing ilmu bisnis online kepada Anda. Gratis tanpa ada biaya.
Di dunia internet, penyedia blog ada banyak ragamnya, seperti blogspot, wordpress, multiply, dsb. Semua penyedia blog tersebut memiliki tingkat kemudahan dan kelengkapan fitur yang berbeda-beda. Pada tulisan saya kali ini, saya akan memandu Kita untuk membuat blog dari wordpress dan kemudian menjadikannya blog bisnis online Anda.
Sebelum saya mulai, pastikan kita sudah memiliki koneksi internet dan sudah memiliki konsep yang jelas tentang bisnis online kita. Untuk membuat blog dari wordpress, terdapat dua pilihan, pertama membuat blog dengan domain dan hosting kita pribadi. Untuk mengetahui tentang domain dan hosting silahkan baca di Bisnis Online dengan Domain Gratis dan Hosting Gratis untuk Bisnis Online. Dengan pilihan pertama ini Kita memiliki blog sesuai dengan nama domain kita.

B. Bisnis Online dengan Blog (2)
Setelah sekian lama mencoba meluangkan waktu, akhirnya kesampaian juga menulis tahap kedua membuat blog untuk bisnis online. Pada tahap ini saya akan memperkenalkan salah satu plugins dalam blog wordpress yang biasa digunakan untuk e-commerce. Kita bisa mendapatkan plugins itu disini.
Setelah kita berhasil mengunduh file plugins tersebut, berikut langkah-langkah menginstall plugins hingga dapat kita gunakan. Pertama, pada halaman Dashboard Wordpress pilih menu utama Plugins, kemudian pilih Add New. Selanjutnya, pilih sub menu Upload sehingga muncul halaman upload seperti terlihat pada gambar ini.
Kita dapat mengklik tombol Browse untuk meng-upload file plugins e-commerce yang telah kita unduh alias donlot.

C. Membuat Payment Gateway Bisnis Online
Payment gateway atau gerbang pembayaran , yakni “gerbang” tempat kita memberikan kesempatan bertransaksi bagi calon pelanggan. Payment gateway memberikan kemudahan dengan tidak bergantung pada bank tertentu untuk melakukan pembayaran. Apakah ada cara atau perusahaan atau mungkin orang yang menyediakan fasilitas transaksi uang secara online tanpa batasan? Apakah ada bank atau badan keuangan lain yang menyediakan transaksi tanpa memandang bank tempat pembayaran berasal? Jawabannya ADA!
Dalam bisnis online, pada prinsipnya semua hal kita buat berjalan secara online via internet dan otomatis. Termasuk pelayanan Anda terhadap calon pelanggan dalam proses pembayaran pembelian barang. Anda harus membuat payment gateway ini sebagai salah satu cara utama dalam bertransaksi. Cara konvensional sudah banyak kita jumpai, seperti transfer ke bank tertentu, atau kirim cek ke alamat tertentu. Untuk mempercepat dan mempermudah pembayaran pelanggan Anda, manfaatkan payment gateway.

D. Membuat Website E-Commerce
Mungkin Anda sering mendengar istilah E-Commerce. Ya, e-commerce adalah sebutan bagi toko yang menjual barang atau jasa melalui media internet. Atau dengan kata lain bisa disebut sebagai bisnis online. Website atau situs e-commerce banyak bertebaran didunia maya. Mulai dari yang kecil-kecilan sampai dengan yang berkelas internasional.
Website e-commerce pada prinsipnya sama dengan website-website pada umumnya. Hanya saja pada website e-commerce tersedia fasilitas berbelanja secara online dan kadang juga tersedia payment gateway. Payment gateway adalah link untuk melakukan pembayaran secara online atas pembelian barang atau jasa melalui website e-commerce. Salah satu payment gateway yang terkenal adalah Paypal. Saya akan membahasnya pada tulisan-tulisan berikutnya. Silahkan simak terus artikel saya di www.ayobisnisonline.com
IV. LANGKAH UTAMA BERBISNIS ONLINE BAGI MAHASISWA

Bisnis online menjadi salah satu alternatif bagi anda yang ingin terjun kedalam dunia bisnis. Dengan fleksibilitasnya, bisnis online bisa dijalankan kapan saja dan dimana saja tanpa harus mengganggu bisnis konvensional anda. Apalagi untuk mahasiswa, bisnis online menjadi pilihan yang tepat untuk memulai belajar berbisnis. Beberapa hal yang harus dilakukan untuk mulai masuk kedalam bisnis online antara lain :
1. Tentukan tujuan utama anda masuk kedalam bisnis online. Apapun akan mudah dicapai jika kita memiliki tujuan yang jelas. Ingin membiayai kuliah sendiri, ingin menjadi pengusaha muda, ingin memiliki penghasilan sendiri, dll., yang pasti anda harus menentukan tujuan yang jelas dan spesifik.
2. Tentukan bisnis online yang mana yang ingin anda masuki. Bisnis online memiliki berbagai macam jenis dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada yang disebut PPC (pay per click), Paid Review, Affiliate, Direct Advertising, dll. Tentukan jenis bisnis online yang ingin anda masuki dan pelajarilah secara detail.
3. Anda harus punya blog. Sebagian besar bisnis online menggunakan media blog sebagai sarana utamanya. Anda bisa menggunakan blog gratisan ataupun yang berbayar, namun dianjurkan untuk memiliki blog yang berbayar sehingga menunjukkan bahwa anda serius berbisnis online. Jika berbicara tentang blog berbayar, maka anda harus memiliki apa yang disebut dengan nama domain dan hosting. Harga domain standar berkisar antara 90 ribu – 120 ribu per tahun, sedangkan hosting tergantung besar kapasitas yang anda inginkan. Untuk satu blog (yang menggunakan engine wordpress), dibutuhkan paling tidak 25 MB.
4. Setelah anda memiliki blog, buat blog anda ramai dengan pengunjung. Hal ini bisa dilakukan dengan cara online maupun online. Perbanyak artikel pada blog anda dan sering-seringlah meng-update-nya.
5. Pelajari SEO (Search Engine Optimization). SEO menjadi hal penting dari bisnis online, karena dengan SEO mendatangkan pengunjung akan menjadi lebih mudah.
6. Masuklah ke dalam forum-forum yang membahas tentang jenis bisnis online yang anda tekuni. Disana anda akan mendapatkan banyak hal, selain jaringan, anda juga akan mendapatkan banyak ilmu.
7. Fokus dan fokus. Tidak perlu kita melirik orang sebelum yang kita tekuni menghasilkan. Apa yang cocok untuk orang lain, belum tentu cocok untuk kita. Fokus sajalah…
8. Banyak-banyaklah untuk belajar tentang bisnis online tersebut. Semakin banyak belajar, pasti akan membuat anda semakin ahli.
Beberapa langkah diatas adalah langkah awal yang bisa anda terapkan. Walaupun tidak sesederhana itu, namun itulah yang mudah dipahami. Cobalah dan kita akan mengetahuinya…


V. KESIMPULAN
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.
Bisnis internet adalah cara cari uang atau cara berbisnis yang menggunakan internet sebagai medianya. Pengertian bisnis online adalah bisnis yang dijalankan melalui jaringan internet dengan membuat website berdasarkan profil perusahaan kita.
Bisnis online itu merupakan sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan secara online dengan menggunakan perangkat komputer yang tersambung ke jaringan internet. Perangkat komputer ini bisa saja desktop, nettop, notebook, netbook, ataupun smartphone. Intinya adalah kegiatan bisnis yang memanfaatkan jaringan internet. Semua bisnis yang dihubungkan dengan jaringan internet dan hanya bisa dilakukan dengan adanya koneksi internet.

KEPUSTAKAAN
A.M. Lilik, Agung 2010. Ketika Nurani Ikut Berbisnis / A.M. Lilik Agung. Jakarta: Elex Media Komputindo, 150 pp.
Bambang, Suharno 2008. Langkah Jitu Memulai Bisnis Dari Nol / penyusun Bambang Suharno. Jakarta: Penebar Swadaya, 116 pp.
Kamus Bear Bahasa Indonesia / tim penyusun Kamus Pusat Bahasa, ed. 3 – cet. 1. – Jakarta: Balai Pustaka, 2001, .
Kustoro, Budiarta 2010. Pengantar Bisnis, edisi 2 / Kustoro Budiarta. Jakarta: Mitra Wacana Media, 276 pp.
Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
www.ahaeureka.com

Minggu, 28 November 2010

Franchising

WARALABA




Disusun Oleh :

Muhammad Iqbal K
Kelas : 1EB11
NPM : 24210736





UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI
MARGONDA – DEPOK 2010.



I. PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
Waralaba atau Franchising (bahasa Prancis) untuk kejujuran atau kebebasan adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah: Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Banyak para pencari kerja tidak dapat memenuhi kualifikasi yang diminta oleh perusahaan karena kurangnya bekal keterampilan yang dimikili. Keadaan bertambah para saat krisis global mulai menghantam perekonomian di Negara kita. Dampak krisis yang terjadi sepuluh tahun yang lalu pun masih sangat terasa ditambah lagi dengan tambahan krisis yang dipicu oleh krisis financial yang melanda Negara “paman Sam” akibat kesalahan pengelolaan kredit perumahan itu.

Sementara bagi mereka yang bekerja pun banyak mengalami stagnasi karena berbagai sebab. Juga mungkin pekerjaan yang dijalaninya bukan didasarkan atas factor kesukaan alias hanya demi untuk mendapatkan pekerjaan saja. Sekarang ini banyak para pekerja atau karyawan yang bekerja asalkan diterima bekerja dan mau menerima bayaran yang relative, kecil yang tidak sebanding dengan kebutuhan yang justru semakin hari kian bertambah. Akibatnya besar pasak dari pada tiang. Ini tentu akan mempersusah diri saja, Lalu kenapa tidak memilih jalur wirausaha saja sebagai solusi?

Menentukan bidang usaha yang akan Anda tekuni, tentunya Anda harus mempertimbangkan bidang usaha yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan pribadi Anda. Memang banyak orang berkhayal untuk menjadi wirausahawan sukses. Namun bagaimana bias bicara sukses, kalau dalam memulai saja Anda masih mengalami ketakutan? Ya, ketakutan untuk mengambil resiko dan ketidakpastian tentang masa depan telah menjadi hambatan banyak orang untuk tidak berpindah kwardran dan berkecimpung manjadi seorang usahawan.

Tanpa disadari banyak orang menyalahkan factor danalah yang selalu menjadi kambing hitam. Sebenarnya, modal untuk menjadi seorang wirausahawan bukan hanya bergantung pada factor dana saja tetapi juga pada berbagai keterampilan yang dibutuhkan sesuai dengan jenis usaha yang dipilih, ditambah oleh factor keberuntungan yang hanya sepersekian persen saja. Kontrol diri dan sesuaikan gambaran bisnis ideal seperti apa yang ingin Anda tekuni.

Banyak orang yang menunda-nunda berbisnis karena ide bisnisnya tidak dapat diwujudkan, berbagai alasan seperti karena modal tidak mencukupi, tidak sesuai dengan bidang keahlian atau malu karena peluang bisnis yang ada sekarang hanya sekedar bisnis ecek-ecek, tidak keren, dan sebagainya. Mereka menunggu keajaiban yang tidak kunjung datang sehingga mereka memilih mengabaikan peluang usaha yang telah ada dimana menurut mereka keuntungannya kecil dan tidak menarik, mereka berkhayal untuk mengembangkan bisnis besar atau memperoleh proyek besar tanpa didukung asset dan fasilitas penunjang yang diperlukan.

Sebaiknya Anda mulai dengan hal-hal yang Anda mampu untuk mengerjakannya sekarang juga, meskipun Anda merasa peluang bisnis yang ada saat ini kurang menarik namun bersabarlah, boleh jadi suatu hari Anda akan menemukan peluang bisnis baru yang lebih baik dengan sarana bisnis pertama yang telah Anda rintis. Bisa jadi Anda akan menemukan partner bisnis atau pemodal besar yang bersimpati kepada Anda karena kejujuran dan kualitas kerja Anda sekarang. Jalani dulu apa adanya, just do it! Anda tidak akan pernah tahu kalau Anda tidak pernah mencoba.

Apa sih kewirausahaan itu? Sebelum istilah wirausaha menjadi begitu populer seperti sekarang ini, dulu sering kita dengar istilah wiraswasta. Kata wiraswasta berasal dari Wira yang berarti utama, gagah, berani, luhur, teladan atau pejuang. Swa berarti sendiri dan Sta berarti berdiri. Jadi wiraswasta (entrepreneur) berarti pejuang yang utama, gagah, luhur, berani dan layak menjadi teladan dalam bidang usaha dengan landasan berdiri diatas kaki sendiri.
Definisi kewirausahaan memang banyak dibuat oleh para ahli, tetapi mereka melihat dari perspektifnya masing-masing. Agar pengertian kewirausahaan dapat diterapkan sesuai dengan lingkungan negara kita, maka telah disepakati definisinya sebagai berikut ini.

Kewirausahaan adalah kesatuan terpadu dari semangat, nilai-nilai dan prinsip serta sikap, kuat, seni, dan tindakan nyata yang sangat perlu, tepat dan unggul dalam menangani dan mengembangkan perusahaan atau kegiatan lain yang mengarah pada pelayanan terbaik kepada langganan dan pihak-pihak lain yang berkepentingan termasuk masyarakat, bangsa dan negara. Menjalani profesi sebagai seorang wirausahawan juga merupakan perbuatan yang dapat membantu negara bila usaha yang dilakukan fair, memenuhi prosedur, memberikan devisa bagi negara dari sektor penerimaan pajak, dan juga dapat memberikan banyak kesempatan kerja bagi orang banyak.

1.2 Tujuan

Merespon antusisme pasar ini, membuka peluang usaha bagi seluruh lapisan masyarakat untuk bergabung menjadi mitra JogjaCamp. Sistem yang akan dipakai JogjaCamp adalah franchise atau waralaba. Sistem waralaba ini dirancang khusus dengan tujuan memberikan berbagai kemudahan bagi setiap pemegang lisensi waralaba.

Keuntungan Menjadi Pewaralaba JogjaCamp

1. Setiap Pewaralaba tidak harus memiliki kemampuan khusus dibidang web development, karena tim JogjaCamp akan mensupport pewaralaba secara teknis bahkan melayani calon customer pewaralaba secara online.
2. Setiap Pewaralaba tidak harus menyediakan tempat khusus seperti kantor, pewaralaba biasa menjalankan bisnis ini di rumah atau di warnet atau dimanapun, selama disana terdapat computer yang terkoneksi dengan internet.
3. Resko kecil.
4. Modal awal terjangkau.
5. Penghasilan besar
6. Brand JogjaCamp yang telah dikenal luas sebagai perusahaan software web dengan layanan terbaik. Akan sangat memudahkan Anda sebagai pewaralaba untuk mendapatkan customer.




II. TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Pengertian Waralaba

Menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa. Menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa

2.2 Jenis-jenis waralaba
Usaha waralaba atau bisnis waralaba, apalagi jika memilih waralaba makanan tentu saja sangat menggiurkan. Selain banyak tersedia waralaba murah, banyak franchise dari kategori ini yang terbukti tumbuh besar. Sebut saja KFC yang merupakan franchise asing, dan franchise lokal Es Teler 77 yang juga sukses dengan produk makanannya. Jika kita urutkan, pasti akan lebih panjang lagi daftar waralaba makanan ini.
Mengapa franchise makanan bisa begitu sukses? Pertama, tentu saja karena semua orang butuh makan. Lebih dari itu, makan-makan kini justru menjadi life style. Semakin bertebarannya tayangan kuliner di tv dan menjamurnya mal hingga ke pelosok daerah jelas sangat mendukung tren ini.
Kedua, franchise selalu identik dengan standar pelayanan, mutu produk, dan harga yang ditawarkan. Dalam keadaan “kurang informasi”, misalnya saat bepergian, orang cenderung akan memilih franchise karena di mana pun pelayanan, produk, dan harganya sama. Dengan makan di gerai McDonald misalnya, seorang konsumen lebih mendapat kepastian ketimbang mencoba-coba lokasi makanan yang sama sekali baru yang berisiko harus membayar harga tinggi tapi dengan rasa yang pasaran.
Ketiga, waralaba makanan begitu sukses karena dunia kuliner di negeri ini begitu kaya raya. Hasil alam kita banyak yang bisa diubah menjadi kudapan yang mampu memikat lidah. Karena itu pula, banyak orang optimistis bahwa franchise lokal akan mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri.
Keempat, waralaba mampu meningkatkan gengsi sejumlah makanan tradisional. Siapa yang tidak suka makan ketela atau singkong? Dengan waralaba, makanan yang tadinya biasa saja ini bisa “naik pangkat” dengan merek generik “tela-tela” dan terbukti disukai banyak orang.
Kelima, skala franchise makanan juga sangat lebar dari investasi miliaran per outlet hingga jutaan rupiah saja untuk kelas kaki lima. Yang cilik pun hasilnya tetap “maknyuss” karena penyebarannya bisa relatif cepat.
Apa pun alasannya, prospek waralaba makanan tetap moncer sekalipun di musim krisis ekonomi global seperti saat ini. Saat perut keroncongan, pasti orang akan segera mencari gerai makanan.

a. Peluang Usaha “Sausan Kebab”
Makanan khas Timur Tengah kini semakin digemari masyarakat Indonesia. Tak heran jika peluang usaha dengan menu utama kebab saat ini banyak bermunculan. Nah, jika kita tertarik untuk membuka bisnis kebab bisa mempelajari paket usaha yang ditawarkan Sausan Kebab.
Paket kemitraan yang ditawarkan ada tiga jenis: Paket 1 (investasi Rp. 15-25 juta), Paket 2 (investasi Rp.55 juta), dan mini resto (segera launching).
Sausan Kebab menawarkan sejumlah variasi menu. Selain menu kebab, ada juga Bakso Seafood, Nasi Goreng Kebab, Mie Goreng Kebab, Kwetiau Kebab dan Minuman Bubble.

b. Mengunyah laba dari waralaba bakso


Siapa yang tidak suka makan bakso? Niscaya, hampir sebagian besar masyarakat di negeri ini gemar mengudap panganan bola daging ini. Wajar jadinya jika penjual keliling dan gerai bakso masih terus menjamur.

Salah satu pelaku usaha yang mencoba peruntungannya di bisnis bakso adalah Bambang Widyatmo. Dengan merek dagang Bakso Tik-Tok, dia menekuni usaha tersebut di Surabaya, Jawa Timur.
Saat ini, ada lima gerai warung Bakso Tik-Tok yang menyediakan berbagai menu bakso dan mi. Satu berada di Gresik dan sisanya tersebar di Surabaya. "Warung Bakso Tik-Tok ini sudah ada sekitar 15 tahun lalu,” kata Bambang.
Berbagai menu makanan yang tersedia di Bakso Tik-Tok, antara lain, bakso polos, mi bakso, bakso campur, bakso urat, mi ayam, mi ayam bakso, dan siomay. Harga setiap menu di Bakso Tik-Tok Rp 6.000-Rp 9.000 per porsi.
Faktor usia gerai Bakso Tik-Tok yang terbilang senior di Surabaya mampu mendatangkan omzet jutaan rupiah per hari bagi Bambang. "Di gerai pusat Surabaya, omzet sehari bisa sampai Rp 5 juta hingga Rp 6 juta," imbuhnya. Sedangkan di cabang lain bisa mencapai Rp 2 juta per hari.
Demi semakin melebarkan sayap bisnisnya, mulai Agustus 2010, Bambang membuka peluang waralaba bagi masyarakat yang berminat menjalankan usaha ini. Saat ini, Bambang sudah mendapatkan lima permintaan dari beberapa calon investor. “Permintaan waralaba antara lain berdatangan dari Semarang, Pasuruan, Mojokerto dan Jombang,” katanya.
Sebagai tahap awal, Bambang baru menawarkan satu paket waralaba, yakni miniresto dengan ukuran gerai minimal 4 x 10 meter. Jika ingin menjadi terwaralaba Bakso Tik-Tok, Bambang mematok modal awal Rp. 30 juta. Investasi sebesar itu terdiri dari peralatan lengkap seperti rombong mie, dandang bakso, peralatan makanan dan minuman, kompor, blender, termos serta botol sambal dan saos.

Termasuk Franchise Fee
Selain itu, terwaralaba juga mendapat bahan baku awal, seragam, spanduk, dan banner Bakso Tik-Tok. Investasi itu sudah termasuk franchise fee yang berlaku tanpa batas waktu sebesar Rp. 15 juta.
Namun, terwaralaba masih harus menyediakan peralatan tambahan boks pendingin alias freezer. Terwaralaba juga mesti menyediakan seperangkat meja dan kursi.
Pada tahap selanjutnya, Bambang tidak akan memasok bahan baku bakso. Jadi, terwaralaba harus mencari bahan baku sendiri. "Kami hanya memberikan resep baksonya, “Kami hanya memberikan resep baksonya,” kata Bambang. Namun, dia akan memberikan pelatihan kepada calon karyawan terwaralaba sebelum usahanya berjalan.
Dengan investasi awal yang tidak sedikit, terwaralaba harus bisa menargetkan mozet usaha Rp. 800.000 per hari. “Ini agar bisa mencapai target balik modal sekitar lima bulan,” imbau Bambang.
Konsultan wirausaha, A. Khoerussalim, menilai, paket waralaba seperti yang ditawarkan Bakso Tik-Tok hingga kapan pun masih akan memiliki pasar Prospektif. Sebab, pasar makanan ini tidak mengenal musim dan segmentasi umur. “Asal rasanya enak, lokasi dan pelayanannya cocok, bisnis bakso bisa bertahan, “ kata Khoerussalim.
Tapi, dia menyarankan agar calon mitra harus pintar menghitung ulang biaya investasi dengan fasilitas yang didapat. Sebab, menjalankan cabang dengan manajemen sendiri berbeda dengan system kemitraan. “ Sistem kemitraan pun harus ditelisik, dengan menyakinkan mitra bahwa investasi mereka bisa kembali, “ kata Khoerussalim.

c. Peluang Usaha Gerai Cuci Motor ”CAPLIN”
Tata cara pembelian:
1. Tentukan produk yang anda inginkan
2. Pembayaran dapat dilakukan via transfer
3. Setelah pembayaran kami terima, barang pesanan anda langsung kami kirimkan
PAKET SEDERHANA = Rp. 4.488.000,- nett (124)
Harga belum termasuk packaging peti kayu dan biaya kirim
Daya listrik yang dibutuhkan hanya 750 Watt.
Isi daripada paket tersebut adalah:
• 1 unit kompresor BC 075 DMTR
• 1 unit tabung snow 20 liter
• 1 unit mesin steam engine bensin lengkap dengan selang steam dan gun steam
• 5 liter konsentrat/biang shampoo ice cream
• 4 liter semir ban KW 1







2.3 Strategi Waralaba
Bagi kita yang ingin berusaha namun tidak mempunyai modal yang terlalu besar bisnis waralaba bisa jadi merupakan jawabannya. Tentunya tidak sembarang waralaba yang bisa Anda pilih. Menurut Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar, ada kiat-kiat tertentu dalam memilih usaha waralaba yang baik.
Bisnis waralaba yang baik adalah usaha yang dibutuhkan sehari-hari yaitu makanan, minuman, pendidikan, salon, bengkel, bidang ritel. Selain itu, Anang mengatakan ada beberapa daerah yang berpotensi mengembangkan produknya, untuk waralaba seperti di Jawa Tengah dan Yogyakarta cocok dengan makanan dan batiknya, dan untuk Bali dengan produk kerajinan kayu dan pakaian.
Anang juga mengingatkan agar para pemodal sebaiknya berhati-hati dalam menentukan dan mengambil peluang usaha melalui waralaba. Mengingat sekarang ini sering terjadi kerancuan antara waralaba (franchise) dengan bussiness opportunity (BO).
Konsep waralaba yang secara legal dan dalam PP No. 42 tahun 2007 dijabarkan bahwa waralaba harus terbukti benar-benar menguntungkan, selain itu proses aplikasi bisnisnya mudah diterapkan dan diajarkan kepada pengambil pewaralaba dan lain-lain. “Franchise itu sudah pasti business opportunity (BO), tetapi BO belum tentu franchise,” kata Anang.
Ia juga mencatat ada dua hal yang penting dalam menentukan waralaba diantaranya masalah keteraturan zona wilayah persebaran unit waralaba di setiap daerah. Apakah pihak pemberi waralaba membatasi para pelaku yang bermain di wilayah tertentu atau tidak. Sehingga tidak terjadi persaingan antar sesama pewaralaba.



III. KIAT MEMILIH WARALABA
Untuk memilih jenis waralaba yang kita akan jadikan usaha, berikut ini ada beberapa kiat dan tips memilih waralaba, antara lain adalah :
1. Jangan minder saat berhadapan dengan staf bisnis waralaba. Biarpun mereka berhak menyeleksi Anda, sesungguhnya mereka juga membutuhkan Anda. Karena itu manfaatkan sesi-sesi wawancara dengan mereka untuk menggali habis kondisi usaha waralaba. Mereka boleh menggali informasi seputar kepribadian dan kondisi keuangan investor. Anda pun seharusnya bisa menggali berbagai informasi mendalam tentang perusahaan penyelenggara waralaba;
2. Coba kenali latar belakang perusahaan atau sang pengusaha, bonafiditas, pengalaman, potensi pasar, peta persaingan, serta keunggulan dan keunikan produk atau sistem mereka. Dari serangan balik wawancara itu Anda bisa meraba sikap mereka. Cara dan sikap ketika menjawab pertanyaan bisa Anda jadikan tolok ukur kultur usaha mereka. Semakin mereka terbuka, semakin baik. Semakin mereka misterius dan tertutup, ya semakin buruk. Ingat, kelak Anda harus saling bertukar informasi dengan mereka. Bayangkan dan perkirakan apakah Anda bisa berkomunikasi secara nyaman dengan mereka kelak?;
3. Jangan segan menyelidiki kondisi keuangan pewaralaba. Kinerja mereka di masa lalu bisa menjadi pantulan prospek usaha Anda di masa depan. Pewaralaba yang baik tak akan segan membagi informasi penting ini. Waralaba yang layak pilih adalah perusahaan yang telah menghasilkan untung selama bertahun-tahun, setidaknya lebih dari 3 tahun. Tanyakan pula kinerja cabang atau gerai milik terwaralaba lama. Apakah mereka untung atau malah gulung tikar. Kalau tutup sebabnya apa, begitu pula kalau sukses resepnya apa. Tak ada salahnya kalau Anda mencoba menggali informasi langsung dari terwaralaba lama yang lebih dulu beroperasi;
4. Pilihlah brand waralaba yang sudah dikenal masyarakat. Sebagian brand waralaba luar negeri tak dikenal di sini. Tapi, kalau nama mereka cukup terkenal secara Internasional, layaklah untuk dipertimbangkan. Jadi jangan segan menyelidiki reputasi mereka lewat internet atau kenalan di luar negeri;
5. Bisnis waralaba bukanlah deposito atau obligasi pemerintah yang berbunga tetap. Karena itu, jangan pertaruhkan seluruh kekayaan Anda pada bisnis yang ingin Anda masuki. Sehebat apa pun waralaba yang hendak Anda ikuti, resiko bisnis tetap ada. Soalnya, ada banyak faktor ekonomi yang tidak berada dalam kendali perusahaan atau pelaku ekonomi mana pun, sehebat apa pun sistem dan keunggulan mereka;
6. Pelajari dan cermati draf kontrak sebaik-baiknya. Jangan terburu-buru menganggukkan kepala dan berjabat tangan tanda sepakat. Ingat, semua kewajiban dan hak Anda tercatat dalam dokumen kontrak. Jadi, jangan sampai kontrak itu nantinya hanya merugikan Anda.


IV. Alasan Memilih Waralab Multiplus
Multiplus tidak pernah memberikan jaminan sukses, Setiap bisnis memiliki resiko. Semua informasi yang digunakan di situs ini adalah ilustrasi. Calon terwaralaba diharapkan untuk melakukan investigasi sendiri dan tidak serta merta memutuskan berinvestasi hanya berdasarkan informasi yang tercantum di situs ini.
1. Usaha Yang Terbukti Menguntungkan :

Multiplus menyediakan produk dan layanan yang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis. Setiap produk dan layanan memiliki daur hidup yang panjang (bukan bisnis musiman) dan dikonsumsi oleh banyak pelanggan setia. Bahkan di Amerika, layanan bisnis termasuk salah satu dari sepuluh jenis usaha yang paling cepat perkembangannya (www.franchise.org) Konsep waralaba Multiplus telah terbukti mendapatkan respons positif dari pelanggan sehingga berkembang menjadi > 100 gerai secara nasional.
2. Jutaan Pelanggan Setia

Multiplus adalah yang pertama memperkenalkan konsep pusat layanan bisnis terintegrasi dan membangun kesadaran merek yang kuat sebagai penyedia layanan bisnis terbaik. Ada lebih dari 10.000.000 kunjungan pelanggan setiap tahun dan angka ini dipastikan akan melonjak 2 x sejak diperkenalkannya program keanggotaan yang canggih yang berlaku (online) di seluruh cabang Multiplus sejak pertengahan 2006. Pelanggan akan mendapatkandiskon gerai dan merchant yang luar biasa, mengumpulkan point reward yang besar, dan berhak ikut dalam undian hadiah setiap kali mereka menggunakan layanan Multiplus (* total kunjungan pelanggan di 85 outlet per tahun).
3. Bantuan Pewaralaba

Bantuan dari pewaralaba adalah kunci utama sebuah konsep waralaba yang sukses. Bantuan Multiplus dimulai ketika calon terwaralaba menghubungi untuk minta informasi waralaba. Multiplus membantu menjelaskan keunggulan dan kelemahan bergabung dengan sebuah sistem waralaba, survei dan memilih lokasi yang tepat, membimbing dan supervisi aktivitas pengembangan gerai hingga pembukaan gerai. Setelah pembukaan gerai, komitmen Multiplus untuk membangun dan mempertahankan hubungan erat yang saling menguntungkan antara pewaralaba dan terwaralaba terus berlanjut melalui bantuan-bantuan. Multiplus memberikan pelatihan rutin, sertifikasi keahlian karyawan, promosi dan pemasaran, dan kelompok diskusi. Setiap gerai terwaralaba akan disupervisi ketat oleh seorang Franchise Relations Officer yang membantu melakukan audit kinderja gerai, analisa dan menawarkan solusi masalah oeprasional gerai, serta update sistem TI dengan software kontrol keuangan yang canggih dan real time.







Multiplus telah mengidenfitikasi sebab-sebab dan mengurangi resiko kegagalan dalam menjalankan sebuah konsep waralaba yang teruji. Manual dan prosedur operasional standar yang dimiliki Multiplus sangat lengkap dan sering dianggap sebagai salah satu yang terbaik di industri layanan bisnis. Terwaralaba tidak memerlukan pengalaman sebelumnya yang berhubungan dengan layanan bisnis dan memerlukan waktu belajar yang lebih singkat untuk dapat mengoperasikan waralaba layanan bisnis yang sukses dan menguntungkan. Selain itu, terwaralaba tidak perlu membuang biaya yang sangat besar untuk uji coba dan kesalahan yang dapat menyebabkan kebangkrutan.


V. PENUTUP
Waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah: Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Rahasia sebuah sistem waralaba yang sukses dan kuat adalah memiliki profil terwaralaba yang tepat. Multiplus memiliki tahapan seleksi terwaralaba yang ketat untuk mendapatkan terwaralaba yang tepat. Multiplus tidak mengutamakan “uang” daripada komitmen. Profil bekerja keras dan berkomitmen penuh untuk secara aktif terlibat pada operasional gerai dan kegiatan meningkatkan kekuatan merek. Uang selalu menjadi yang terakhir mengingat Multiplus memiliki hubungan yang cukup erat dengan beberapa institusi keuangan yang dapat membantu calon terwaralaba mendapatkan modal kerja.
Terwaralaba Multiplus sangat berfariasi mulai dari profesional, pemilik usaha, arsitek, dokter, pegawai sipil, pengacara hingga pendeta. Mereka sebagian besar adalah orang-orang muda yang dinamis yang memiliki visi yang sama yait membangun sebuah usaha yang menguntungkan sebagai bagian dari sebuah jaringan waralaba yang kuat. Masukan terwaralaba yang berharga selalu menjadi kontribusi utama untuk pengembangan sebuah sistem waralaba yang lebih kuat dan lebih baik.

DAFTAR PUSTAKA
Peraturan berkaitan dengan waralaba di Indonesia saat ini terdiri atas:
1. Keputusan Menteri Perdagangan RI No. 12/M-DAG/PER/3/2006 Tentang Ketentuan dan Tata Cara Penerbitan Surat Tanda Pendaftaran Usaha Waralaba.
2. Undang-Undang No. 14 Tahun 2001 tentang Paten.
3. Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 tentang Merek.
4. Undang-Undang No. 30 tahun 2000 tentang Rahasia Dagang.









Usaha - Berita Terkait